DSC_0240

Seminar Nasional dan Diskusi Panel Audit Forensik

Sabtu, 3 Maret 2012 bertempat di Hotel Sahid Raya Yogyakarta, Seminar Nasional dan Diskusi Panel Audit Forensik 2012 telah sukses diselenggarakan. Seminar Nasional yang merupakan program kerja tahunan dari Departemen Akademik HMJA KOMISI FE UII, kali ini mengangkat tema “The Role of Forensic Auditing of Fraud Cases for Financial Reporting”. Tema kali ini sepertinya sangat menarik sehingga  Tema tersebut diangkat berkaitan dengan maraknya kasus fraud yang sedang merebak saat ini. Terhitung sekitar 170 peserta dan undangan menghadiri seminar ini yang berasal dari mahasiswa maupun masyarakat umum. Peserta yang datang pun tidak hanya dari kota Yogyakarta saja,  melainkan datang dari kota-kota di Jawa Tengah dan juga Jawa Barat

                                   .

Acara di awali dengan sambutan dari ketua panitia Seminar Nasional dan Diskusi Panel Audit Forensik , Alfian Annadlori , lalu di lanjutkan dengan sambutan dari Direktur HMJA KOMISI FE UII , Risa Al Amiin dan berkesempatan hadir pula pada acara kali ini Dekan Fakultas Ekonomi UII , Prof. Dr. Hadri Kusuma ,MBA ,DBA yang sekaligus membuka acara ini. Setelah sambutan dan pembukaan acara kemudian di lanjutkan dengan hiburan tarian tradisional dari mahasiswi FE UII . Setelah itu kemudian di lanjutkan pada acara inti yaitu seminar yang pada sesi I kali ini menghadirkan pembicara dari dosen prodi akuntansi FE UII ,Hendi Yogi Prabowo SE.,M.For.Acc.,Phd . Pada sesi ini materi yang dibahas lebih mengenai teori umum dari Audit Forensik serta aplikasinya dalam proses pengauditan. Materi ini diberikan guna memberi pengantar kepada peserta untuk mengetahui secara umum terlebih dahulu sebelum lebih dalam lagi di bahas materi Audit Forensik pada saat diskusi panel.

Setelah makan siang dan sholat , acara kemudian masuk pada sesi II dengan menghadirkan 2 pembicara yaitu Alexander Sianturi M.For.Acc.,CFE beliau adalah Senior Manager KAP Ernst and Young juga sebagai Forensic Investigation Specialist .Disini bapak Alexander memberikan materi  bagaimana pengaplikasian Audit Forensik dalam sektor swasta . Kemudian pembicaraselanjutnya yaitu Budi Santoso , beliau adalah Penyelidik dan Kepala Sekretariat Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) . Disini beliau menjelaskan materi pengaplikasian Audit Forensik dalam sektor publik. Dalam akhir acara , para peserta terlihat sangat antusias untuk mengajukan beberapa pertanyaan kepada pembicara , dan memang pada sesi II atau sesi penutup dalam acara ini lebih dikhususkan pada diskusi yang bertujuan agar para peserta lebih aktif sehingga informasi yang didapat lebih maksimal.

                                

Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu mendukung dan mensukseskan  acara Seminar Nasional dan Diskusi Panel Audit Forensik ini , semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang turut aktif dalam acara ini , dan kegiatan-kegiatan semacam ini semoga dapat berjalan kembali di periode-periode selanjutnya . Salam sukses !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>